Akibat Wabah Corona, Hari Libur dan Cuti Bersama 2020 Bertambah Empat Hari

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy. (foto/eshinta.com)
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy. (foto/eshinta.com)

Terkini.id, Aceh – Akibat wabah corona yang merebak dengan cepat belakangan ini, membuat  ekonomi dunia terancam mengalami resesi, termasuk Indonesia.

Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, mengungkapkan, pemerintah menambah empat hari libur nasional dan cuti bersama 2020 karena terkait masalah ekonomi.

Menurut dia, penambahan libur tersebut lantaran ekonomi dunia yang belum pulih serta diklaim adanya keinginan agar persaudaraan antar masyarakat semakin erat.

“Hari libur dan cuti yang tepat akan memberikan dampak yang positif terhadap peningkatan perekonomian nasional,” kata Muhadjir di kantornya usai rapat bersama tingkat kementerian, Jalan Medan Merdeka Barat, Senin 9 Maret 2020 seperti dikutip dari vivanews.

Selain itu, Muhadjir juga menjelaskan bahwa penambahan libur tersebut juga dapat digunakan sebagai sarana saling mengenal, saling tahu antar masyarakat dalam rangka membangun Indonesia sentris, persatuan Indonesia, dan NKRI. Karena itu, lanjut dia, libur tersebut bisa dimanfaatkan oleh semua pihak.

Baca juga:

Muhadjir menuturkan bahwa keputusan itu dikukuhkan lewat SKB (surat keputusan bersama) sejumlah kementerian. Hadir pada rapat antara lain Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio, Menteri Agama Fachrul Razi, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo.

“Ini merupakan keputusan rapat bersama,” kata dia.

Di kesempatan yang sama, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyampaikan penambahan cuti bersama dan libur nasional sudah disepakati dengan kalangan usaha. Pemerintah meyakini kebijakan yang diambil tidak akan mengurangi produktivitas para pekerja. Malah, kata dia, kemungkinan besar pertumbuhan ekonomi Indonesia akan meningkat.

Berkaca pada tahun 2018, libur nasional dan cuti bersama dengan jumlah 24 hari lebih baik pertumbuhan ekonominya ketimbang di tahun 2019 yang hanya 20 hari. Kebijakan penambahan libur tahun ini persis sama jumlahnya dengan dua tahun lalu.

“Dampaknya akan banyak sekali. Teman-teman yang memiliki usaha di bidan kuliner, industri kreatif lainnya juga akan memiliki dampak,” kata dia.

 

 

 

Tulisan ini telah dimuat di Makassar Terkini dengan judul: Efek Corona, Pemerintah Tambah Empat Hari Libur dan Cuti Bersama 2020

Komentar

Direkomendasikan

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar