Ayam Tidak Dicuci Dengan Aman, KFC Lhokseumawe Disurati DKPPP Setempat

Terkini.id, Jakarta – Bakteri E.Coli, Salmonella.SP, Staphylococcus terbukti terdapat dalam daging ayam pada restoran cepat saji KFC Lhokseumawe, Aceh. Hal ini didapat dari hasil pemeriksaan dan uji laboratorium Balai Veteriner Medan. Dilansir dari gelora.co, Minggu 15 Mei 2022, jika sebuah ayam mengandung Bakteri E.Coli, Salmonella.SP, Staphylococcus, maka akan menyebabkan penyakit berbahaya seperti sakit kepala, mual, diare hingga typus.

Tim ahli kesehatan laboratorium tidak menyarankan untuk masyarakat menyantap daging ayam tersebut. Dinas Kelautan Perikanan, Pertanian  dan Pangan (DKPPP) Lhokseumawe menerbitkan hasil surat sampel dari laboratorium mengenai daging ayam KFC tersebut. Mehrabsyah selaku Ketua DKPPP Lhokseumawe menyatakan sampel diambil dari 10 daging ayam, lima diantaranya sudah dicuci, lima lainnya belum dicuci.

Diketahui dari hasil sampel ini, bahwa Bakteri E.Coli, Salmonella.SP, Staphylococcus terdapat pada daging ayam yang sudah dicuci. Sedangkan untuk daging ayam yang belum dicuci, tidak terdapat Bakteri E.Coli, Salmonella.SP, Staphylococcus. Selain itu, kualitas air yang digunakan untuk mencuci daging ayam pada restoran cepat saji KFC Lhokseumawe juga buruk dan tidak aman dikonsumsi.

“Pada air cucian ayam itu yang ditemukan bakteri. Sementara ayam yang tidak dicuci aman. Jadi kita sudah surati pengelola agar memperbaiki sanitasinya,” ujar Mehrabsyah dikutip dari gelora.co, Minggu 15 Mei 2022. Namun perlu diperhatikan bahwa pihak DKPPP Lhokseumawe tidak mengetahui apakah air cuci ayam yang terdapat bakteri tersebut menempel pada daging ayam yang sudah digoreng. Menurut Mehrabsyah, BPOM yang memiliki kewenangan untuk melakukan investigasi tentang ayam goreng KFC Lhokseumawe.

“(apakah bakteri menempel pada ayam yang sudah digoreng) Itu ranahnya BPOM untuk pemeriksaan,” lanjutnya. Sejauh ini DKPPP Lhokseumawe hanya bisa mengatakan bahwa daging ayam KFC bisa dikonsumsi dan masih aman. Sedangkan kualitas air sanitasi yang ada pada restoran cepat saji KFC Lhokseumawe harus segera ditangani.

Artikel ini telah tayang di Makassar.terkini.id dengan judul “Ayam Tidak Dicuci Dengan Aman, KFC Lhokseumawe Disurati DKPPP Setempat”, Klik untuk baca: https://makassar.terkini.id/ayam-tidak-dicuci-dengan-aman-kfc-lhokseumawe-disurati-dkppp-setempat/.

Bagikan